Friday 18 April 2014


KREATIFITAS, Pasang Sendiri Saklar Lampu Motor Yamaha Jupiter Z1

YAMAHA JUPITER Z1

Peraturan Undang-undang lalu lintas Indonesia mengharuskan setiap pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu motor pada siang hari, hal ini berdampak pada produsen sepeda motor memproduksi sepeda motor mereka dengan teknologi AHO (Automatic Headlamp On) dan setiap motor baru yang diproduksi sudah tidak lagi menggunakan saklar lampu. Alhasil lampu jika dinyalakan terus akan berdampak pada usia lampu yang singkat.
Seperti Motor Yamaha Jupiter Z1, motor ini menggunakan telnologi AHO, sehingga lampu akan otomatis hidup ketika mesin motor dinyalakan. Tiadanya saklar lampu pada motor ini jelas berdampak pada keterbatasan pengendara yang tidak bisa mengatur mati hidupnya lampu dijalan tertentu, misal jika disiang hari motor hanya digunakan untuk komplek perumahan, Penggunaan lampu pada kondisi tersebut sangat mubazir.
Hal tersebut dapat kita atasi dengan memasang switch lampu pada dashboard stang kemudi.
Berikut ini saya ingin berbagi tips cara memasang swicth lampu pada motor Yamaha Jupiter Z1 hasil kreatifitas saya sendiri. Seperti Tampak pada gambar dibawah ini

Adapun alat dan bahan yang harus disiapkan adalah
1. Solder & Timah
2. Kabel panjang kurang lebih 5 m (harga 2ribu permeter)
3. Saklar lampu depan Honda Supra X (harga ORI hanya Rp. 25.000)
4. Obeng & kunci perlengkapan motor
5. Cutter
6. Lem Besi (harga 10ribu)
7. Isolasi Kabel (harga 5ribu)
7. Motor Jupiter Z1 (ya iyalah harus ada motor, kalo gak ada masa mau pakai motor tetangga, haha)

Saklar lampu Honda Supra X

 Alat dan Bahan
Jika Bahan sudah disiapkan berikut cara aplikasi saklar lampu ke Jupiter Z1
1. Lepas dan lubangi saklar kanan jupiter Z1, besar lubang disesuaikan dg panjang dan lebar rumah saklar lampu honda. Untuk melubangi gunakan solder dan cutter.
2. Pasang saklar lampu pada lubang yg telah dibuat tadi, lalu lem saklar lampu dg power glue atau lem besi.
3. Kupas kabel dg cutter hingga terlihat tembaganya, lalu dikerik dg cutter dan diberi lapisan timah.
4. Pada saklar lampu honda supra x terdapat 5 soket tembaga (3 soket berada diatas digunakan untuk saklar lampu utama depan, 2 soket berada dibawah untuk saklar lampu malam pada lampu rem belakang)
5. Pasang kabel yang telah diberi lapisan timah tersebut ke masing2 soket tembaga saklar lampu.
6. 3 kabel yg telah dipasang pada soket atas masing2 dihubungkan ke saklar lampu utama dan 2 kabel yang dipasang soket bawah dihubungkan ke lampu rem.
Setelah selesai memasang masing2 kabel ke soket dan lampu lalu tutupi sambungan kabel yang terbuka dengan isolasi kabel atau lem besi yg lebih kuat dan aman.

Maaf saya belum bisa menampilkan gambar step by step pengaplikasian saklar tersebut tetapi saya buatkan alur skema pemasangan saklar tersebut

 Diagram Pemasangan Kabel lampu ke Saklar Lampu
Hasil Pemasangan Saklar Lampu

 Gantengnya motor Jupiter Z1 saya, hahaha

Pastikan semua sambungan kabel terpasang dengan baik agar semua arus berjalan dengan sempurna dan tidak terjadi arus pendek.
Rapikan sambungan saklar yang terbuka atau bisa ditutup dengan lem besi.
Saya sudah aplikasikan ke motor Yamaha Jupiter Z1 saya, saat dicuci sambil disemprot air via steam semua aman dan sudah berjalan selama 3 bulan tidak terjadi arus pendek maupun saklar rusak (ya jelas, saklarnya juga pakai yg ORI honda, jgn yg abal2 karena bisa cepat rusak).
Total harga bahan yang telah digunakan hanya menghabiskan 50Ribu, Murah Kan. hehehe.
Ok Itu dulu sharing dari saya, semoga bermanfaat 
( Mohon maaf bila ada kekeliruan atau kesalahan kata maupun informasi diatas. Saran yang baik dan membangun tentu akan saya terima dengan senang hati. )
Salam Yamaha, Semakin di Depan.....

14 comments:

  1. kalo yg dipake kabel negatif aja gimana?kan lebih simpel,apa ada pengaruhnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ane tau soal elektro, tuk saklar biasanya itu berfungsi memutuskan arus positifnya, cara tersebut lebih aman ketimbang putuskan arus negatif.
      Seperti halnya pasang saklar lampu listrik, jika agan memasang arus negatif disaklar namun arus positifnya langsung ke lampu, dan sewaktu2 agan mw betulin rumah lampu tsbt, otomatis terdapat arus positif pd lampu tersebut, resikonya agan bisa kena setrum gan jika kaki agan langsung ke ground(lantai).
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  2. agan, ane juga terapin cara tsb di z1 ane, cman yang lmpu belakang blom gan, matiin yang belakang cara ny gmana? harus lepas bodi-kah? trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan Rizki bisa terapin dan mengikuti skema pemasangan kabel diatas.
      Jalur kabel lampu rem yg sy terapkan itu mengambil kabel lampu rem senja/malam lalu dihubungkan ke saklar on off lampu.
      Proses pemasangan kabel biar rapi harus membuka body samping dan belakang lalu kabel2 dibungkus kembali dg isolasi kabel agar terlihat rapi dan kabel terlindungi.
      Selamat mencoba.

      Delete
  3. Gan mau tny ,,
    Itu kan switch lampu pny supra x 125 ada 3 posisi , hidup semua(lampu utama+senja) - senja aja - mati semua kenapa yg lampu senja gak di pasang aja dan s x an lampu rem belakang di matikan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Agan Iyan.
      Jd untuk prosesnya itu lampu senja saya tidak saya pakaikan saklar on off karena pin pada saklar lampu sudah lebih dulu terpakai untuk lampu malam rem belakang.
      Jika Mengikuti skema diatas dimana sy menggunakan 2 pin saklar bagian bawah untuk proses on off lampu belakang dan 3 pin saklar lampu yg atas sy gunakan sebagai lampu utama.
      Agan bisa aplikasikan saklar on off untuk lampu senja namun sy sendiri belum mencoba krna sy mengutamakan lampu utama dan lampu rem saja.
      Jika agan sudah mencobanya boleh share disini. :)

      Delete
  4. Mau tanya gan
    Saya pake motor revo fi,untuk pemasangan saklar lampu utama saya ngambil ground, bnr pa salah gan?

    ReplyDelete
  5. jadi certanya ini kita bikin jalur baru yah atau cuma kabel motor yg di lukai lali di sambung bro mohon info

    ReplyDelete
  6. bro,,,,jadi ceritanya kita bikin jalur kabel baru sebagai on off, atau ada kabel motor yg di lukai lalu di hubungkan ke kabel baru untuk ke saklar,,,,mohon info mkasih

    ReplyDelete
  7. bro,,,,jadi ceritanya kita bikin jalur kabel baru sebagai on off, atau ada kabel motor yg di lukai lalu di hubungkan ke kabel baru untuk ke saklar,,,,mohon info mkasih

    ReplyDelete
  8. bro,,,,jadi ceritanya kita bikin jalur kabel baru sebagai on off, atau ada kabel motor yg di lukai lalu di hubungkan ke kabel baru untuk ke saklar,,,,mohon info mkasih

    ReplyDelete
  9. bsa bntu lebis spesifik untuk warna kabelnya gan? ane bingung

    ReplyDelete
  10. Itu saklar itu perlu di custom(di terpa sedemikian rupa) atau cuma buat lubang yang sesuai baru masukkan saklarnya

    ReplyDelete