Saturday 26 April 2014

 MEMPERBAIKI LAMPU INDIKATOR TRANSMISI GEAR YG MATI PADA MOTOR JUPITER Z1
Lampu Indikator Gear saat posisi Normal

hai Riders,
Saya kembali lagi dan kali ini ingin memberikan seputar tips seputar mengatasi matinya lampu indikator transmisi gear.
Motor Jupiter Z1 yg saya boyong kerumah bulan desember tahun 2013 yg lalu ternyata mengalami sakit, Memang manusia aja yg bisa sakit, sepeda motor juga bisa sakit loh, hehehe
Saat asyik diajak keliling didaerah gading serpong, Tangerang, eh tiba-tiba lampu indikator gear dimotor Jupiter Z1 saya mati, wah kok motor baru itungan beberapa bulan yg lalu bisa seperti ini. awalnya saya mengira ini terjadi akibat lampu indikator gear yg ada pada speedometer saya yg mati/putus, namun saya injak naik/turun pedal gigi motor kok semua lampu mati, kayanya ada yg tidak beres dg sensor gigi yg ada dimesin.
Keesokan harinya saya bawa tuh motor Jupiter Z1 saya ke bengkel Yamaha terdekat, sekalian saya komplain masalah yg saya alami ke mekanik Yamaha. Menurut mekanik Yamaha, dirinya akan periksa dahulu penyebabnya dan akan memberikan kabar setelah selesai service.

Lampu Indikator Gear yang Mati, Bukan Putus tapi bermasalah pada Sensor lampu Gear

Setelah service selesai menurut mekanik yamaha itu terjadi karena posisi sensor yg harusnya menyentuh konektor pin sensor gear namun tidak menyentuh karena posisi jarum indikator gear yg masuk kedalam (saya ceritakan kedalam bahasa yg dapat saya mengerti, karena saya lupa istilah sparepart motor yg diceritakan mekanik yamaha tersebut ke saya.).
Ok saya sudah dapat penjelasanya dan motor pun kembali sehat kembali.
Keesokan harinya ketika saya pakai buat bekerja, lalu lampu indikator gear motor Jupiter Z1 saya mati lagi, (sebenarnya dg matinya lampu indikator gear, motor masih dapat dibawa jalan, namun buat saya hal itu sangat mengganggu kenyamanan saya dalam perjalanan). Karena terjadi lagi seperti itu akhirnya saya cari cara perbaiki sendiri yg bisa awet dan semoga gak mati2 lagi.
Selepas dirumah saya langsung browsing, mencari cara memperbaiki lampu indikator gear yang mati mendadak (kaya kena serangan jantung aja, hahaha). akhirnya saya dapat tips gimana cara perbaiki lampu indikator gear yg mati, berikut tips nya.
Pertama letakan motor pada posisi yg aman agar nyaman waktu membongkarnya, hehe (usahakan bongkar pada siang hari agar kelihatan lebih jelas.
Siapkan kunci-kunci peralatan motor yang diperlukan, seperti
1. Kunci baut ukuran 10 dengan bentuk T
2. Obeng plus dan minus
3. Per kecil degan panjang 1,1cm (per ini bisa diambil dari ballpoint yg menggunakan per lalu dipotong dg panjang 1,1 cm)
Per Ballpoint dengan panjang 1,1cm
4. Jangan lupa, siapkan dahulu secangkir kopi panas biar semangat waktu pengerjaanya, hehehe 

Cara pasangnya yaitu
1. Bongkar baut motor yg menempel pada penutup gear depan dekat pedal gear (gigi)
Buka Baut pd lingkaran diatas dg kunci T 10

2. Buka baut yang menempel pada sensor indikator gear, lalu  congkel dengan obeng minus hingga sensor gear terlepas dari mesin
 Buka Baut yang dilingkari warna merah

3. Letakan per yang sudah disiapkan tadi tepat pada poros besi penunjuk sensor gear (ingat panjang per cukup 1,1cm saja), ketika dibongkar terlihat perbedaan menonjol pada penunjuk sensor tersebut dg warna silver chrome mengkilap, lalu tutup kembali sensor gear tersebut dengan baut hingga rapat dan kencang.
 Sensor Penunjuk Transmisi Gear

4. Pasang kembali baut cover gear depan dan nyalakan motor, Jika pemasangan sudah benar dan tepat maka lampu Penunjuk posisi Gear akan menyala. Periksa kembali apakah semua lampu indikator gear sudah menyala.

 Lampu netral sudah menyala kembali

Nah begitulah cara saya memperbaiki lampu indikator yang tidak menyala. Saya sudah aplikasikan cara saya ini dan sudah berjalan selama 2 bulan lebih, motor saya tidak mengalami kerusakan lagi pada indikator lampu gear nya.
Nah itu sharing saya kali ini, semoga bisa bermanfaat buat motor para riders yg mengalami hal serupa seperti saya.
Terima Kasih.






47 comments:

  1. terima kasih, atas informasi mas, maaf jupiter z - 1 sy juga sama penyakitnya seperti mas, sekali lagi terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas. Semoga informasinya berguna.
      Punya sy sampai skrng udah gak mati2 lg lampunya berkat per tsbt. Hehe

      Delete
    2. Kalau bulat crome gak mau keluar diapain mas

      Delete
  2. mas ada kemungkinan pelor macet sehingga gak bisa keluar?

    ReplyDelete
  3. Mas sy barusan abis analisa lagi mengenai kondisi pelornya, ternyata pelornya harus dicongkel pake obeng - kecil yg ukurannya untuk mengencangkan kacamata. setelah dicongkel maka pelatuk atau semacam pelor akan keluar dibarengi oleh rembesan oli, hati -hati jangan sampai pernya ikut keluar, tapi jangan panik tetep tenang, bersihkan pelornya terus cepat dipasang kembali ke pada keaadaan semula, dan pernya tidak ikut keluar tetap berada di dalam. setealh saya analisa tadi sekitar 4 jam, per pulpen tambahan yang dipasang sebagai penghantar masa ke (neutral assy switch) dikawatirkan akan merusak perangkat tersebut karena adanya pergesekkan, tapi kalo pelor yg sudah ada tidak merusak permukaan perangkat. semoga bisa dicoba mas eksperimen saya, kemungkinan pelor tidak main diakibatkan masih baru sehingga permukaan dari pada pelor dan tempat masih belum rata. demikianlah analisa saya, terima kasih, maaf yah mas sekedar tuker pikiran saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas robert untuk saranya. :)
      Menurut sy : Didalam ruang sensor gear tsbt kan terdapat rembesan oli yg berfungsi melumasi bagian yg bergesekan tsbt, sehingga kemungkinan rusak krna gesekan itu kecil, saran tambahan dr saya gunakan ujung per yg tumpul atau dibuat lilitan agar bagian ujung yg tajam karena dipotong itu tdk merusak sensor gear tsbt.
      Sebelumnya Sy sdh coba cara mas dg congkel pelor tsbt namun gak berapa lama kejadian lg pelor nya mendem/macet kedalam.
      Jd sy pakai cara ini dan sampai sekarang tdk ada masalah.

      Delete
  4. mas sya jg pake motor Jupiter Z1 dan memiliki problem yg sama, klo bongkar sensor indikatornya apakah harus buang oli mesinnya dulu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu buang oli,
      Oli yg keluar dr sensor gear transmistion itu cuma sedikit saja.
      Jika tdk mw bnyak oli yg menetes keluar dr lubang sensor tsbt, cobalah minta bntuan teman tuk posisikan motor miring ke kanan, dg begitu pemasangan jd lebih mudah dan gak banyak oli yg menetes keluar. Hehe

      Delete
  5. All,
    Sekedar saran terbaru dr saya.
    Jika keberatan dg tips saya diatas.
    Cobalah tips berikut.
    Minta lah kpd teknisi yamaha di tempat service untuk menggerinda sekeliling pelor penunjuk transmisi tsbt.
    Dengan digerinda permukaan pelor tsbt menjadi lebih ramping sehingga akan jarang terjadi tersumbat seperti sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. Indikasi itu ternyata diakibatkan oleh Aki yg soak aja.. Saya sampe membersihkan sensor Gear segala, sampe habis 2 per pulpen.. Begitu diganti dg AKI baru.. langsung Joss deh..

    ReplyDelete
  7. Penyebabnya adalah Bensin tdk dpt diproses ke System Injection krn Strum Aki yg gak kuat memompa Bensin.. Ternyata setelah di hitung hitung, ya bener juga krn usia Motor dan AKI nya genap berumur 3 tahun, jd ya cukup saja untuk diganti yg baru.. Demikian sbg share dari saya pengguna Jupiter Z1 dan MX..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Agan Julianto
      Terima kasih buat sharing dan informasi seputar Jupiter Z1
      Untuk Motor jupiter Z1 yang sudah menganut sistem injeksi sepertinya yang harus diperhatikan adalah sistem kelistrikanya, Jika bermasalah hal ini bisa berdampak, motor susah dinyalakan, lampu kurang terang, indikator gigi tidak menyala dll.
      Untuk Kasus Agan Julianto mungkin memang sudah umurnya aki motor Z1 nya harus diganti yah, Motor saya baru mw jalan 1 tahun, hehe

      Delete
  8. Thanksss brooo cara ampuh banget gw tinggal tambahin per pulpen nyala langsung...seminggu kemaren kaya orang segle gw bawa motor ndut2an salah masukin gigi terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, Ok Bro, sy senang artikel diatas bisa bermanfaat buat bro Yoe. :)

      Delete
  9. Masalah sy malah terbalik, motor Yamaha R1 sy malah indikator gigi nyala terus di N warna hijau meskipun sudah perpindahan gigi, ada kah yg tau solusinya ?

    ReplyDelete
  10. Masalah sy malah terbalik, motor Yamaha R1 sy malah indikator gigi nyala terus di N warna hijau meskipun sudah perpindahan gigi, ada kah yg tau solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masalah utamanya sama seperti tempat saya pasang per pulpen seperti diatas, coba perhatikan posisi sensor giginya ikut berputar/bergerak gak ketika Bro Dicky ganti gigi motornya, Jika tidak bergerak sama sekali kemungkinan ada kerusakan pada sensor gir motor Bro dicky :)

      Delete
  11. Tengkiu mas... punya saya Yamaha Force FI sama penyakitnya... abis ditambahin per, langsung nyala... btw buat mastiin kerusakan ada di pelor coba disambungin aja pake kabel, dari body ke sensor yg 5 buah, cek apakah lampu indikator menyala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Juga Mas Imbonk udah mampir dan share pengalamanya :)

      Delete
  12. minta tolong mas bro,tolong pencerahannya jupiter z1 saya indicatornya kedip2 terus kalo di gas brebet penyakitnya apa yah? aki saya dah ganti baru tapi baru seminggu sudah habis setrumnya. ada yang tau penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor Jupiter Z1 sudah mengadopsi sistem injeksi jadi kalo ada masalah di motor mas terutama pada sistem kelistrikan maka indikator lampu injeksi akan memberikan sinyal, Jika aki sering tekor kemungkinan tidak ada supply listrik yg mengalir ke Aki sehingga listrik aki jd tekor, coba dicek ke bengkel resmi Yamaha agar bisa diketahui penyakit motor jupiternya.
      Semoga lekas sembuh mas, Ups lekas sembuh motornya mas, hehe :)

      Delete
  13. tpi punyaku yg mati pada posisi gigi 4 aja,. gmn donk..

    tadi saya habis bnerin penyebab jarum bensin d spedo gk berfungsi n skrg bgus lg. tinggal 1 lg di gigi 4 gak nyala. gmn gan solusinya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mas Asep
      Coba periksa apakah pin konektor (Lihat gambar kedua dari bawah) gear postion punya mas udah haus atau mengalami kerusakan.
      Hal tersebut menurut saya bisa terjadi karena ada kabel yang putus pada konektor gear position atau bisa juga karena pin peunjuk gigi sudah mengalami kerusakan.
      sebaiknya coba dibawa kebengkel terdekat untuk bisa dideteksi lebih lanjut masalah tsbt.

      Delete
  14. Knp spdah motor q. Tiba" mati indikator gigi. Sma netral. Kok g bsa nyala. Prtmax td nyala. Trus tiba" mati/g nyala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah tersebut harus dicek beberapa komponen seperti kabel2 pada gear position, pelor penujuk gigi seperti yg saya jelaskan pada blog ini dan papan sensor konektor gear position.
      Umumnya masalah yg saya pernah temui itu karena pelor penunjuk sensor gear position mendem kedalam sehingga tidak menyentuh papan sensor penunjuk gigi.

      Delete
  15. Replies
    1. Lampu indikator gigi jupiter z sy mati gigi 1,2,3 mati yg nyala cuma 4 dan netral itu kenapa ya ada solusinya? Jupiter z sy thn 2011

      Delete
    2. Lampu indikator gigi jupiter z sy mati gigi 1,2,3 mati yg nyala cuma 4 dan netral itu kenapa ya ada solusinya? Jupiter z sy thn 2011

      Delete
    3. Mas Rudi dan Mas Cory
      Untuk masalah mas berdua masalahnya itu coba cek kondisi lampu penujuk gear position apakah dalam kondisi masih nyala atau harus diganti.
      yang kedua coba cek bagian sensor penunjuk gear positionnya masih berfungsi dengan baik atau tidak, biasa masalahnya sering x terjadi pada bagian ini.
      lainya coba cek kabel2 (gear position dan panel gear lamp pada speedometer) dan kelistrikan motor.

      Delete
  16. gan klo masalah saya justru oli keluar netes trus dari indikator gear tsb, apalagi klo standar miring, apakah disitu ada seal atau apakah yg menyebabkan oli mesin saya keluar dari situ. tolong solusinya.. trimss

    ReplyDelete
  17. gan klo masalah saya justru oli keluar netes trus dari indikator gear tsb, apalagi klo standar miring, apakah disitu ada seal atau apakah yg menyebabkan oli mesin saya keluar dari situ. tolong solusinya.. trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya itu bisa dr seal penutupnya yg udah regas.
      Solusinya bisa di pakaikan karet yg baru buat penyumbat oli yg keluar dr part tsbt.

      Delete
  18. thank infonya nya. sekarang jadi normal lagi

    ReplyDelete
  19. Motor yamaha force ku sekarang sedang mengalami seperti ini udah pernah dibawa kebengkel kata mekaniknya harus dilepas dulu pelor indikatornya dan katanya cara melepasnya harus dibantu dengan dengan las trus ditarik hemm sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya karena proses memuai, pelor nya sudah menempel keras yak di port nya, coba di semprot pakai WD atau sejenis nya sudah mas Juli

      Delete
  20. Artikelnya sangat bermanfaat, masalahnya sama persus dgn jupiter z1 punya sy. Akan sy coba dan semoga bisa ��☺

    ReplyDelete
  21. bang motor saya ada rembes oli dari gear idikatornya itu
    cara biar gk rembes gimana yaak

    jupiterz1 juga bang

    ReplyDelete
  22. Ganti aja pelornya dgn yg lebih kecil. Beli di tukang sepeda. Atau pelor yg sama besar tp sudah rusak gak bulat lagi.

    ReplyDelete
  23. Tempat ane malah kagak ada porosnya gan, kemungkinan patah, tapi saya cek kok gak ada patahanya ya?

    ReplyDelete
  24. Kalo dengan tiger revo apakah bisa bang dengan cara itu..., TigerRevo saya sensor netralnya suka mlenceng.. kadang di gigi 3 klo ga 4.. gabisa pas di netral bang..,,, mohon jawabanya bang🙏

    ReplyDelete
  25. Mas pas service itu habis berapa?

    ReplyDelete
  26. kalau untuk motor Honda Grand top gear lampu mati apa sprti yg di motornya jupiter

    ReplyDelete
  27. Mas mau tanya saya punya jupiter 2004 problemnya pada lampu netral dan 1234 tidak menyala juga apa penyebabnya.bahkan kabel sensornya sudah tak belikan yang baru.trm kasih banyak sbelumnya

    ReplyDelete
  28. Izin bertanya bang. Warna kabel gear 1-4 itu warna apa ya??? Soalnya mau apsang ke vega zr. Tpi gk tau warna kabel nya

    ReplyDelete
  29. WynnBET - Dr.md.com
    WynnBET 제천 출장샵 is one 경상북도 출장마사지 of the most 계룡 출장마사지 well-known 익산 출장샵 and successful casinos in Las Vegas. It opened its doors in 2008 after much consideration 김제 출장마사지 of the Vegas market

    ReplyDelete