Saturday 19 April 2014

Customisasi Ringan Yamaha Jupiter Z1, untuk kenyamanan berkendara

Saya ingin berbagi informasi berupa custom ringan ala henri, hehehe
Modifikasi ini saya lakukan pada motor yamaha jupiter z1 yang saya pinang desember 2013yang lalu.
Saya beli motor jupiter z1 GP karena tertarik dengan body dan striping yang yahud dan mesin nya yang responsif, sudah injeksi dan tentunya ramah lingkungan. hehe
Adapun custom ringan yang saya lakukan berupa
1. Pergantiaan Shockbreaker belakang dg aftermarket merk YSS type Hybrid.
Saya ganti karena shockbreaker bawaan jupiter z1 keras jd saya pegel lama-lama duduk dimotor.
saya pilih YSS hybrid karena shock ini terkenal bandel dan empuk. shock ini juga mempunyai diameter per yang besar serta warna yg menarik sehingga motor jupiter z1 saya lebih tampil ciamik, hehe. Harga ShockBreaker YSS Hybrid dipasaran sekitar 420ribu.

Shockbreaker YSS Hybrid

2. Cakram disk diganti dg aftermarket yg lebih lebar.
Saya pilih merk MOFV, merk ini menawarkan piringan cakram yg sudah floating dan cakram tengah sudah aluminium, tampilan yg modis dan warna serupa dg jubah motor saya.
Saya ganti yg lebih lebar agar pengereman lebih maksimal dan pakem, selain itu membuat motor jadi lebih kekar, hehehe. Harga Cakram ini dibandrol mulai dari 285ribu, cukup terjangkau dg kantong saya, hehehe

Cakram MOFV

3. Sarung Jok Anti Panas.
Sebenarnya fungsi sarung jok ini hanya mengurangi panas saat motor terjemur dibawah terik matahari, fungsi lain memberikan sirkulasi udara yg baik pada area bokong (yg penting adem man, ups hahaha), serta melindungi kulit jok dari benda2 yang dapat merusak kulit jok itu sendiri.
Harga sarung jok ini dipasaran dijual sekitar 80ribu.

Sarung Jok Anti Panas

4. Handle Brake Terminologi
Handle brake asli bawaan yamaha jupiter z1 ini menurut saya agak sedikit jauh dari genggaman jari saya, sehingga kalo dijalan macet jadi terasa pegel. Maka itu saya coba mengganti dengan handle brake aftermarket dengan merk terminologi (kw), dengan handle brake ini saya bisa mengatur sendiri jarak handle brake agar mudah dijangkau dg jari.
Harga Handlebrake terminologi (kw) dipasaran sekitar 25ribu.

Handle brake Aftermarket Terminologi
5. Scotlight Pada daskboard headlamp, speedometer dan stoplamp
Sebenarnya untuk variasi yg ini hanya sebatas memberikan tampilan yang modis pada motor Jupiter Z1 saya, tapi ada satu bagian yang bener2 karena kebutuhan dan kenyamanan berkendara, yaitu dibagian speedometer. Entah kenapa speedometer jupiter z1 ini ketika diajak berkeliling dibawah teriknya sinar matahari justru dari mika speedometer ini memantulkan sinar matahari yg menyilaukan ke mata, sehingga mengganggu konsentrasi berkendara. Oleh karena itu bagian ini saya tutupin dengan scotlight warna hitam transparan.
Untuk bagian daskboard headlamp saya pasang warna putih agar senada dengan jubah jupiter Z1, selain itu fungsinya membedakan motor saya dg motor jupiter z1 lainya agar tampil beda dan keren gtu loh, hahahaha.
Bagian stoplamp belakang saya kasih warna hitam agar terlihat seperti motor underbond, (lg mimpi punya motor underbond hehehehe) dan tak lupa velg saya beri list scotlight putih agar tampil keren.

 Scotlight

6. Aksesoris lainya yg mendukung kenyamanan berkendara
Bagasi Tengah, untuk memudahkan membawa barang-barang, harga bagasi tengah ini 20ribu.
Tempat plat nomor agar plat nomor tidak cepat usang, hehe. saya beli diharga 20ribu.
Kaca spion yang kecil, agar memudahkan selap selip di macetnya jalanan, Harga 25ribu.

Bagasi Tengah dan Kaca Spion mungil

Tempat Plat Nomor Kendaraan.

Demikian lah custom ringan yang saya pasang pada motor jupiter z1 kesayangan saya ini, 
Note : Saya hanya sharing tips modifikasi ringan dan semua itu saya lakukan demi kenyamanan berkendara dijalan. Tidak ada maksud tuk promosi suatu produk tertentu dan harga bervariasi tergantung lokasi.
Semoga info ini Bermanfaat.


Terima Kasih.

12 comments:

  1. NI YG ANE CARI GAN,kasih warna warna kabelnya donk.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terima kasih gan untuk sarannya, :)

      Delete
  2. piringan cakramnya beli dimana tuh agan henri? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbb, saya beli toko variasi motor daerah jalan merdeka Kota Tangerang gan, hehe

      Delete
  3. bannya pake ukuran berapa aja bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks agan Reza sudah mw mampir, hehe
      sy pakai Ban depan FDR Genzi 80/80 Tubeless
      Ban belakang FDR Genzi 90/80 Tubeless,
      Tadinya belakang mw pakai 100/80 tp takut mentok sparkboard dan lari nya kurang, hehehe

      Delete
  4. Salam kenal bro. Salam sesama Z1 mania :D
    http://masdewa1992.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bro dan terima kasih sdh bersedia mampir, sy rider Z1 dr kota Tangerang. Hehe.

      Delete
  5. Salam kenal bro. Salam z1 dari tangsel
    http://warkoupzse.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Agan Rishad
      Salam kenal juga bro.
      Salam Z1 semakin didepan. :)

      Delete
  6. Nanya donk gan... Sya pke jupe 2010 piringan mofv juga... Tapi knpa yaa kanvas tuh gk bisa smua kena, cuma 3/4 nya... Apa brecket nya yg perlu gnti?

    ReplyDelete
  7. Nanya donk gan... Sya pke jupe 2010 piringan mofv juga... Tapi knpa yaa kanvas tuh gk bisa smua kena, cuma 3/4 nya... Apa brecket nya yg perlu gnti?

    ReplyDelete